Bacaan.

life-of-pix-free-stock-bar-wallpapers-window-leeroy-copy

Beberapa hari lalu sebuah postingan di instagram menohokku. Captionnya seperti ini “Beli buku tapi gak pernah dibaca itu dosa! feeling silly”. Dem.

Sejurus kemudian saya mencoba mengingat kapan terakhir saya (bener-bener) membaca buku, oh sudah lama ternyata. dan berakhir dengan merunut buku bacaan apa saja yang dibeli sepanjang tahun 2016. Sedikit sih untuk ukuran yang pernah jadi kutu buku. hahaha

Sejak konten digital semakin mudah didapatkan di internet, ada yang berubah dengan pilihan “membunuh waktu”. Buku (fisik) menjadi pilihan kesekian, ini opini saya loh. Dan kalau dulu sering menghabiskan waktu dengan membaca buku saat ini bisa jadi lebih banyak di depan layar monitor notebook atau tablet untuk membunuh kebosanan. Apakah kalian sama dengan saya? jika sama, angkat cangkir kopimu. tosh!

Membaca buku saat ini menjadi semakin jarang, semua karena terdistraksi oleh media sosial dan loading pekerjaan. Dulu setiap nunggu antrian apapun pasti ada buku di tangan, sekarang sudah berganti menjadi smarphone.

Karena judul postingan ini tajuk utamanya soal “bacaan”, mari kita buat list daftar bacaan saya dari mulai rajin baca buku hingga sekarang yang kadang-kadang. kadang jika sempat, kadang jika ingin, kadang jika butuh. Halah apaan sih..

Bacaan jaman SD.
Majalah Bobo- Komik Spiderman
Komik Karya Tatang Suharna.
Komik Serial Kungfu Tiger Wong
Komik Siksa Neraka

Bacaan jaman SMP.
Buku Novel Serial Wiro Sableng
– Koran Bola
– Novel Lupus
Novel Fredy S

Bacaan jaman SMA.
Fase dimana mulai udah jarang baca buku. Koran Bola masih langganan, sesekali baca buku Puisi Kahlil Gibran, Chairil Anwar dan Sapardi Djoko Damono selebihnya sibuk maen!.

Masuk masa kuliah lebih parah, lebih banyak baca buku komputer.  😀
Sekarang dengan mudahnya internet, saat kepala terlalu gersang biasanya saya cukup mengklik ikon bergambar rubah. dari browser inilah saya bisa menjelajahi beberapa website. Berjelajah di Tirto.id, panditfootbal, atau fandom untuk menemani sarapan pagi. Siangnya bermain di mojok dan rollingstone. Sore saat menunggu jam kepulangan, sering mengunjungi linisama dan revi.us sembari menikmati kopi origin nusantara.

Pilihan bacaan saya gak ada yang berat-berat, karena hidup saja sudah berat. hahaha
Kalau kalian gimana? Share dan bagi daftar bacaan kalian di kolom komentar postingan ini, siapa tau ada hal menarik yang saya bisa dapatkan.  😀

 

Leave a Reply

