Banda Neira Bubar.

banda-neira-bubar

Dini hari tadi, melalui akun official instagram mereka, Banda Neira pamit dan secara resmi menyatakan membubarkan diri.

Setelah menempuh diskusi yang panjang nyaris setahun lamanya, akhirnya kami sampai pada sebuah kesepakatan. Kami bersepakat untuk tidak meneruskan Banda Neira. . . Bukan hal yang mudah membubarkan Banda Neira, terlebih kini karya Banda Neira bukan hanya milik kami berdua, tapi juga milik kalian para pendengar. . . Namun keputusan sudah bulat. Setelah menimbang-nimbang semua kemungkinan, kami yakin dari semua opsi yang ada ini adalah keputusan paling baik. . . Dengan berat hati, melalui surat ini kami umumkan bahwa kami telah bersepakat untuk berpisah dan mengakhiri perjalanan Banda Neira. . . Kami meminta maaf sebesar-besarnya karena tidak bisa memenuhi harapan teman-teman yang ingin kami bisa terus bermusik bersama. . . Kami hanya bisa berterima kasih sebanyak-banyaknya buat semua pendengar juga teman-teman yang banyak berperan dalam perjalanan Banda Neira. Semoga segala apresiasi, dukungan, kehangatan dan pertemanan yang kami dapatkan dari teman-teman dibalas dengan kebahagiaan dan kebaikan yang berlimpah. . . Terima kasih telah menjadi bagian penting dalam hidup kami. Sebuah kenangan yang akan selalu mengiringi ke manapun kami melangkah selanjutnya. . . Salam, Ananda Badudu dan Rara Sekar 23 Desember 2016

A photo posted by Banda Neira (@bandaneira_official) on Dec 22, 2016 at 9:05am PST

Bunyi perpisahan dari Ananda Badudu dan Rasa Sekar berulang-ulang kembali saya baca. Saya pun membatalkan niat saya untuk melanjutkan tidur, sesekali bergumam kecil “2016 ini memang tahun brengsek“.

Menengok jam weker telah menunjukan pukul 3 pagi, siaran bola belum juga mulai. makin gusar, makin sedih. sedih karena belum sempat nonton aksi panggung mereka secara live, tapi mereka udah menyatakan bubar.

Akhir 2016 ini kehilangan banyak hal, kemudian tergantikan dengan hal-hal baru. Namun untuk duo Banda Neira, rasa-rasanya nggak ada gantinya. Dua album fisik mereka hanya akan menjadi perwakilan (menyuarakan) jiwa-jiwa nelangsa yang tak tersampaikan.

Keputusan bubar Banda Neira ini sejatinya sudah terprediksi, tapi waktu itu saya enggan berpikiran yang tidak-tidak, musik mereka terlalu bagus, sayang jika mereka harus bubar. 30 Januari lalu di kedai PGP Cafe adalah showcase terakhir Banda Neira, Rara mengutarakan setelah ini mereka akan berpisah, bukan untuk bubar tapi hanya vakum.  Informasi vakum nya Banda Neira ini saya temukan di feed regram dan blog pribadi Rara, ia akan melanjutkan studinya di New Zealand.

Secara pribadi saya tak mau bertanya-tanya apakah Ananda Badudu dan Rara sudah tak sejalan? Ananda Badudu sendiri tak bisa menjelaskan alasan secara rinci perihal bubarnya Banda Neira, seperti yang ia ceritakan di Portal Berita Tempo. Keputusan duo Banda Neira tersebut sudah bulat, keputusan ini sudah mereka diskusikan selama setahun, seperti yang sudah mereka jelaskan di akun resmi instagram mereka.

Sebagai fans (berat) mereka, saya sebenarnya berharap mereka membuat album ketiga secara penuh, atau tak mengapa mereka vakum, asal jangan bubar. Sulit diterima memang, tapi saya rasa ini adalah opsi terbaik dari Rara dan Ananda Badudu. Ojo gumunan kalau kata orang jawa, toh sudah biasa ada grup musik yang bilang tak akan pernah bubar tapi tetap bubar di tengah jalan. Sampai di paragraf ini saya tetiba memikirkan, semoga Banda Neira bernasib seperti Orete, mengumumkan bubar kemudian membuat reuni dan terbentuk lagi, berkarya lagi dengan musik yang lebih segar. Semoga saja.

Banda Neira, Banda Neira.. Seperti puisi yang tak akan pernah selesai, yang mengakar dijiwa-jiwa, yang mengajarkan sepi itu indah, penanam cuddling, sederhana, jujur dan tak bersandiwara.

Akhirnya, terima kasih Banda Neira. Semoga kalian abadi. Salam rindu matahari pagi, langit dan laut, pangeran kecil, pelukis langit, Sampaikan untuk tetap menjadi teman perjalanan.

Kredit: Rara Sekar dan Ananda Badudu (Banda Neira). Artwork oleh: Bambang Nurdiansya

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s