10 Album Musik Terbaik 2016.

woman-girl-technology-music

Menit-menit injury time pergantian tahun, dan RSI belum juga mengeluarkan list album musik Indonesia terbaik tahun ini. seperti tahun-tahun sebelumnya, artikel dari mereka memang selalu saya tunggu. RSI adalah salah satu referensi bacaan musik saya selama 4 tahun terakhir. Dari artikel mereka menyoal rilisan album-album terbaik Indonesia sepanjang tahun (terkadang) saya menemukan musik atau band baru yang tak masuk dalam radar, dan selalu menarik.

Arman Dhani mengatakan bahwa tahun 2016 ini adalah tahun brengsek. Ada benarnya sih, tahun ini adalah tahun di mana musisi senior banyak yang mangkat. David Bowie salah satu yang paling massive di bicarakan di linimasa. Kemudian band-band bagus banyak yang bubar, terbaru Banda Neira dan Cause.

Terlepas dari itu, 2016 menurut saya cukup memberi kesan yang baik dan menyegarkan. Armand Maulana, Anji, Ari Lasso hingga Andra and The Backbound merilis single tahun ini. Tulus, RAN dan mantan gebetan saya Raisa mewakili arus utama yang melahirkan album di 2016 ini. Musik non-mainstream atau musik “indie” independen malah lebih menjanjikan. Sepertinya scene musik indie benar-benar memamfaatkan tren musik digital.

Setahun terakhir telinga saya cukup variatif, berkat kemudahan internet tahun ini banyak mendengar berbagai genre musik. sedikitnya mengubah selera musik saya, gak melulu mendengarkan heavy metal, hardcore, shoegaze atau post rock. Malah akhir-akhir ini lebih suka musik yang tenang, seperti album musik terakhir Jalan Pulang.

Langsung saja yah, diurut dari belakang, berikut ini 10 album musik terbaik 2016 versi saya:

10. Bin Idris – Self Titled

bin-idris

9. Low Pink – Phases EP

cover

8. DeadSquad – Tyranation

deadsquad

7. Jalan Pulang – Variasi Pada Tema Pulang

jalan-pulang

6. Senja Dalam Prosa — Fana

senja-dalam-prosa

5. Banda Neira – Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti, Berjalan Lebih Jauh

banda-neira

4. Mustache and Beard – ‘Manusiaku Manusiamu Manusianya’

mustache-and-beard

3. Mondo Gascaro – Rajakelana

bnlwuculy-d

2. Efek Rumah Kaca – Sinestesia

erk

1. The Trees and The Wild — Zaman. Zaman

ttaw

Untuk review atau ulasan lengkapnya album musik yang saya sebutkan di atas, sila cari di Google, jadilah netizen yang cerdas. 🙂

Ngobrol di kolom komentar dibawah ini juga boleh, siapa tau kita jodoh punya selera musik yang sama. Atau sapa saya di Twitter.  Semoga tahun depan makin banyak lagi musik-musik yang bikin eargasm.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s