Website-Website Lokal Yang Masuk Gudang.

073788900_1445346072-startup_2

Sejak akses internet di Palu semakin mudah disertai dengan berkembangnya media sosial dan smartphone, maka lahirlah situs-situs (website) lokal, group, forum dan akun-akun publik yang berbau informasi mengenai kota Palu.

SoalPalu salah satu akun publik yang paling hits, diakui atau tidak sampai detik ini SoalPalu adalah salah satu akun publik dengan jumlah follower terbanyak, dibelakangnya ada InfoPalu. Keduanya menjadi akun publik yang menjadi rujukan netizen untuk menanyakan berbagai macam hal yang ada di Palu. Sayang saat ini kedua akun tersebut sudah tak lagi informatif, lebih fokus menjadi buzzer. (semoga pemilik kedua akun tersebut membaca ini dan marah-marah di kolom komentar).

Sebulan terakhir disela-sela jeda loading pekerjaan kantor, saya menyempatkan untuk browsing ke beberapa website lokal. Maaf, saya tak mau menyebut “web-startup”. Karena melihat konten, pola dan inovasi sepertinya masih jauh dari kategori startup. Dan, hasil nya ternyata sisa unikpalu.com dan sudutpandang.org yang masih aktif. Website lokal lainnya ternyata telah masuk gudang alias expired.

stepmagz.id
Sepengetahuan saya mereka pionir untuk majalah online pertama di Palu. Dengan tagline “Palu Youth Movement Magazine“, mengangkat isu-isu penting dikalangan generasi muda kota Palu dan menjadi bagian dalam free culture dan youth movement. Mereka pernah menginisiasi Palu Creative Fest yang menjadi triggering event-event sejenis di Kota Palu. Tidak tau kapan persisnya website ini mati,  tapi mereka telah ada sejak 2010. Sungguh sangat disayangkan website dengan konten apik dan informatif ini harus mangkat.

repalution.com
Dikelola oleh Rachmad Ibrahim, website ini punya visi yang sangat baik, mengkurasi dan memperkenalkan profil band dan  musisi kota Palu, menggerakkan scene musik lokal dengan gigs-gigs rutinnya. Repalution cukup berhasil menurut saya, sayang mungkin karena kesibukan dan minimnya kontributor akhirnya website ini masuk gudang juga.

infopalu.com dan soal-palu.com
InfoPalu dan SoalPalu pernah bersekutu memiliki website bersama (infopalu.com), sama-sama memperkenalkan kota Palu melalui page mereka. Menyaring informasi dari akun media sosial yang mereka miliki, kemudian di publis di halaman website. Awal tahun 2015 jika tak salah SoalPalu akhirnya membuat website sendiri (soal-palu.com), dengan konten yang serupa. Jelas, mereka informatif dan profitable. Kedua website ini akhirnya masuk gudang juga. Saya melihat skala prioritas pada keduanya, terbukti hampir semua akun media sosialnya aktif, tapi tidak untuk pengelolaan website.

soalpalu.com
Sama persis dengan SoalPalu yang memiliki website soal-palu.com, saya bisa katakan mereka adalah kloningan. Akun twitternya sama persis, jika tak teliti sulit membedakan, apalagi jika sekilas melihat di linimasa. Website ini juga telah masuk gudang, sepertinya  mereka kurang berhasil mencuri perhatian. Eh tapi jumlah follower Twitternya lumayan banyak loh, gak tau kalau asli atau fake.

palubagus.com
Secara pribadi saya berharap banyak sama website ini, walau tampilannya kurang menarik, tapi konten dan orang-orang dibelakang layar dari palubagus ini cukup di tunggu sepak terjangnya. Tapi sayang, ia hanya sebentar mengudara sebelum akhirnya masuk gudang.

majalahterkam.com
Punya pola yang hampir sama dengan Stepmagz, tapi sepertinya mereka lebih berbahaya. Sayang mereka pun harus masuk gudang, konten mereka yang berada di host blogger pun tak bisa di akses.

indiepalu.co
Ini masih hangat, baru sekitar 2 mingguan domainnya expired. Belum ada info resmi dari pihak indie Palu sendiri. Webzine yang dikelola oleh Andika Pramulia ini awalnya beralamatkan indiepalu.com, kemudian berganti menjadi indiepalu.co. Sama dengan webzine yang ada di kota lainnya, bergerak secara independent, mengkurasi dan mengenalkan musik dan band-band  dari kota Palu dan Sulawesi tengah. Belakangan ini mereka menambah konten band-band Indie yang sudah menasional. Sejauh ini mereka cukup sukses memetakan scene musik indie dari kota Palu.

Beberapa website yang saya sebutkan diatas adalah website yang terpantau dalam kacamata saya, jika ada yang terlewat sila tambahkan dikolom komentar. Website-website yang masuk gudang (baca; tidak aktif lagi) bisa saja belum mati, karena sesuatu yang sudah masuk ke gudang, bisa saja dikeluarkan lagi jika diperlukan atau jika ingat. Tapi.. ya bisa juga terlupakan sama sekali. 🙂

Tulisan ini bukan untuk nge-troll, dll.. Ini murni buat referensi saja. Jadi kalau ada yang punya ide sejenis, barangkali bisa mendapat referensi tambahan dari website-website yang sudah tidak aktif (domain expired).

Jika punya informasi website-website lokal yang masuk gudang juga? mention saja saya di @kacamatabudi. Salam.

Advertisements

One thought on “Website-Website Lokal Yang Masuk Gudang.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s